Kemenag Siapkan Gelaran Asesmen Kompetensi Madrasah Se-Indonesia Tahun 2022

Kemenag Siapkan Gelaran Asesmen Kompetensi Madrasah Se-Indonesia Tahun 2022

Jakarta – Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum Sarana
Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam tengah
mempersiapkan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI.

AKMI merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah
jenjang Madrasah Intidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah
(MA) sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi
positif pada masyarakat.

Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Rohmat Mulyana Sapdi saat membuka
kegiatan Sosialisasi AKMI Di Tingkat Nasional menyampaikan, AKMI menjadi
strategis, sebab menjadi alat diagnosis literasi siswa, tepatnya 4 literasi
yakni: Literasi membaca, numerasi, sains dan sosial budaya.

“AKMI menjadi alat diagnosis siswa yang menjadi pilar penting keberadaan
mutu madrasah maka kegiatan ini perlu didukung oleh Kanwil, Kemenag Kab/Kota,”
ujar Rohmat di Jakarta, Senin (04/07/2022).

Menurut Rohmat, pada AKMI terdapat irisan kurikulum merdeka yang telah
disahkan oleh Kemendikbud. Pada AKMI juga terdapat literasi sosial budaya yang
dapat mendiagnosis indeks moderasi siswa di dalam lingkungannya.

“Jika Program for International Student Assessment (PISA) hanya 2 literasi
yakni literasi membaca dan numerasi, maka AKMI ada tambahan yakni literasi
sains dan sosbud,” jelas Rohmat.

“Ini juga searah dengan kebijakan menteri agama akan pentingnya moderasi
beragama ditengah banyaknya pandangan agama di dalam masyarakat Indonesia,”
sambungnya.

Rohmat berpesan, Madrasah harus siap dengan Kurikulum Merdeka, meskipun
Kemendikbud sudah lebih awal dengan adanya guru penggerak, sekolah penggerak
sampai implementasi kurikulum merdeka.

“Kita manfaatkan AKMI juga sebagai media mengembangkan model pembelajaran
berbasis nalar kritis, bukan hanya aspek kognitif tetapi juga aspek sikap,
dalam hal ini sikap moderat,” pesannya.

Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi, Suwardi dalam laporannya menyampaikan
tujuan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan laporan AKMI tahun 2022,
menyiapkan pelaksanaan AKMI tahun 2022 serta koordinasi persiapan pelaksanaan
Asesmen Nasional tahun 2022.

Suwardi menerangkan, asesmen ini dilakukan pada siswa madrasah sebagai
metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan
siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi
sosial budaya termasuk survei karakter.

“Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki
layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu
rancangan pembelajaran,” pungkasnya.

Kegiatan Sosialisasi AKMI Di Tingkat Nasional dilaksanakan di Hotel Mercure
Batavia Jakarta, pada Senin-Rabu, 4-6 Juli 2022 dan dihadiri oleh Kepala Bidang
Pendidikan Madrasah dan Kasi/PTP kurikulum dan evalusi pada Kanwil Kemenag Provinsi
se-Indonesia, serta Help Desk Kanwil dan Kab/Kota.

Demikian informasi mengenai “Kemenag Siapkan Gelaran Asesmen Kompetensi
Madrasah Se-Indonesia Tahun 2022″ yang dapat kami sampaikan pada postingan
kali ini. Semoga bermanfaat.

Kemenag Siapkan Gelaran Asesmen Kompetensi Madrasah Se-Indonesia Tahun 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Copy yaa